Sakit Punggung – Pengobatan Tanpa Operasi

Pada dasarnya ada empat tujuan utama saat menghadapi sakit punggung. Mereka harus mengurangi sejauh mungkin tingkat rasa sakit dan melakukannya secepat mungkin, untuk memfasilitasi individu dalam menjalani kehidupan sehari-hari mereka, untuk membantu individu dalam menangani rasa sakit yang tersisa dan untuk mengevaluasi rentang rasa sakit. Perawatan yang tersedia untuk kesehatan jangka panjang mereka. Baik klinisi maupun pasien pada umumnya secara tidak mengejutkan mendekati pengobatan nyeri punggung sehubungan dengan operasi sebagai upaya terakhir; pasien biasanya takut dan ahli bedah menyadari bahwa operasi dalam situasi rumit seperti itu membawa risikonya sendiri.
Kesulitan yang dihadapi oleh dokter adalah bahwa intervensi kadang-kadang bekerja untuk individu dan kadang-kadang tidak, meskipun pasien dengan, di hadapannya, kondisi serupa dan sering akan ada sejumlah trial and error dalam menemukan solusi terbaik untuk masalah tersebut sendiri. Sebagai panduan, umumnya dianggap bahwa hanya sekitar 4 atau 5% dari mereka yang mengalami nyeri punggung akan memerlukan pembedahan korektif.

Bantuan Tanpa Operasi
Banyak pasien tampaknya sangat diuntungkan dari berbagai bentuk terapi panas terutama pada kasus-kasus yang lebih ringan di mana masalahnya adalah pada otot. Beberapa menemukan bahwa mandi air panas, pusaran air atau bahkan botol air panas kuno memberikan tingkat kelegaan yang baik sedangkan yang lain menemukan bahwa mereka mendapatkan kelegaan yang lebih baik dengan membuat area lebih dingin dengan menggunakan kompres es.
Beberapa pasien sangat diuntungkan dengan melakukan pijatan, tetapi perlu diingat bahwa terapis yang tidak berpengalaman dapat mengambil risiko memperburuk keadaan. Beberapa juga menemukan bahwa akupunktur dan/atau pijat titik tekanan dapat bermanfaat, tetapi, sekali lagi ini hanya boleh dilakukan oleh praktisi yang berpengalaman.
Akhirnya, obat-obatan dapat memainkan peran penting mulai dari parasetamol sederhana melalui relaksan otot hingga obat anti-inflamasi.

Pendekatan yang Lebih Pasif
Latihan hati-hati dan lembut telah terbukti efektif dalam mengurangi rasa sakit, namun ini benar-benar hanya harus dengan pengawasan seorang profesional untuk menghindari memperburuk keadaan. Secara umum, tingkat peregangan dan latihan fisik dianggap sebagai bagian penting dari hampir semua program perawatan. Meskipun demikian, biasanya ternyata olahraga bermanfaat untuk nyeri punggung yang berkepanjangan tetapi kurang bermanfaat untuk nyeri akut. Lebih lanjut juga diperhitungkan bahwa latihan untuk meningkatkan mobilitas di punggung tidak seefektif untuk situasi akut seperti hanya melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa sambil berhati-hati terhadap risiko pengerahan tenaga.
Juga telah ditunjukkan bahwa manipulasi dan latihan kelompok otot yang mengelilingi dan menopang tulang belakang oleh ahli osteopati, chiropractor, atau terapis fisik yang terlatih dapat sangat bermanfaat dalam beberapa kasus.