Manfaat Kedelai dan Tahu Untuk Kesehatan

Protein kedelai telah terbukti menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan dan kadar LDL (kolesterol jahat), tanpa mengganggu kadar HDL (kolesterol baik) – sehingga membantu mencegah penyakit jantung. Penurunan keseluruhan adalah yang paling menonjol pada orang-orang dengan kadar kolesterol tertinggi untuk memulai.

Komponen dalam kedelai yang disebut genistein – sejenis isoflavon – muncul tidak hanya untuk mencegah kanker, tetapi juga menyebabkan sel kanker berdiferensiasi, atau kembali ke sel normal; genistein telah ditemukan untuk menekan pertumbuhan hampir setiap jenis sel kanker, termasuk payudara, usus besar, paru-paru, prostat, kulit dan leukemia, dan untuk menghambat perkembangan tumor yang sudah terbentuk-artinya produk kedelai dapat berguna dalam mengobati, serta mencegah, kanker. Sejumlah penelitian epidemiologis telah mengkonfirmasi bahwa negara-negara dengan konsumsi kedelai tertinggi memiliki tingkat kanker terendah – termasuk kanker payudara, perut, usus besar, dubur, paru-paru dan prostat – menyesuaikan dengan semua faktor lainnya.

Senyawa lain dalam kedelai, fitat, telah ditemukan untuk menghambat kanker usus besar dan payudara, dan merupakan penghambat radikal bebas yang kuat. Kelebihan zat besi menghasilkan produksi radikal bebas, dan fitat telah ditemukan untuk mengikat kelebihan zat besi di usus. Tindakan penghambatan radikal bebas fitat juga telah dikaitkan dengan pencegahan atau perbaikan berbagai penyakit lain, termasuk kanker payudara dan usus besar, diabetes, radang sendi, dan berbagai penyakit terkait usia. Protease inhibitor – zat yang mengganggu pencernaan protein – usus besar, paru-paru, pankreas, mulut dan kerongkongan. Dan apa yang disebut fitoestrogen – senyawa dalam keluarga isoflavon – dalam produk kedelai juga dapat membantu meredakan hot flash pada wanita menopause.

Ada begitu banyak jenis produk kedelai yang berbeda – dari tempe hangat hingga miso lembut – sehingga alasan untuk menghindari kedelai tidak valid. Manfaat kesehatan terlalu besar untuk diabaikan.

Sumber Artikel: http://EzineArticles.com/339042